Benda Purbakala Ditemukan Di Lembah Cisaar

  • Whatsapp

Sumedang, AMC.co.id – Lembah Cisaar, satu – satunya tempat ditemukanya benda purbakala sejenis gajah purba, yang berada di Desa Jembar wangi Kecamatan Tomo beberapa tahun yang lalu.

Hal tersebut menarik perhatian para ahli pubakala, sehingga mereka berkunjung ke Desa Jembarwangi untuk melihat serta meneliti hal tersebut.

Yang sangat menarik perhatian dengan ditemukanya Fosil gading gajah purba (Stegodon trigonocephalus). fosil tersebut ditemukan saat digali, balun gading tersebut diinterprestasikan masih berasal dari individu yang sama, didasarkan dari kesamaan warna, mineral serta tekstur permukaan. Walaupun jenis tersebut masih dari Stegodon namun yang ditemukan di lembah Cusaar Desa Jembarwangi ini, memiliki umur geologi yang relatif tua yaitu Pleistosen awal ( 2.56 – 0.77 juta tahun yang lalu). Keterangan dari ahli geologi kepada awak media.

Kemudian selain itu, masih banyak benda benda purbakala yang di temukan di Lembah Cisaar, seperti Fosil tempurung raksasa kura kura ( Orlitia sp). Fosil tersebut ditemukan dalam posisi terbalik, yang lainya adalah Fosil badak purba, gigi ikan hiu, serta banyak lagi. Dan lapisan tanah yang sangat bervariatif (contoh ada di musium).

Menurut Kepada Desa Jembarwangi, Pitriani Dewi kepada awak media ini , sebuah perjalanan panjang, bagi kami, dan Alhamdulillah kini Desa kami sudah mempunyai Musium, yang dinamakan Musium ” Lembah Cisaar”, untuk mengetahui lebih jauh serta ingin tau keberadaan Lembah cisaar, sebagai pengetahuan baik untuk para siswa SD, SMP maupun SMA, silahkan berkunjung ke Musium Lembah Cisaar Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang, pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *