BMKG Bersama BPBD Kab Lebak, Menggelar Simulasi Peringatan Dini Gempa Bumi dan Tsunami 

  • Whatsapp

Lebak. AMC.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  bersama   BPBD Kabupaten Lebak dan Relawan Tangguh Bencana Desa Muara, Kecamatan Wanasalam menggelar simulasi Peringatan Dini Gempa Bumi dan Tsunami. Bertempat di  Pesisir Pantai Binuangeun, Lebak, Banten. Pada hari rabu, (25/10/2023).

 

Simulasi ini merupakan bagian dari kegiatan Indian Ocean Waves Exercise 2023 (IOWave23) sebagai latihan dari mitigasi dan evakuasi dalam merespon peringatan dini tsunami.

 

Ugi ismawan, selaku Fasilitator Desa (Fasdes Muara) sangat mengapresiasi penuh adanya kegiatan simulasi peringatan dini gempa dan tsunami ini. Kita patut bangga dan bersyukur, karena yang kita ketahui ada beberapa Desa di wilayah kabupaten Lebak yang rawan tsunami.

‘Kami sangat berterima kepada BMKG dan BPBD Lebak yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini di Desa kami, bahkan kegiatan ini melibatkan Relawan Tangguh Bencana (DESTANA Muara) sebanyak 30 orang yang di bawah naungan PT Miskat dan BNPB untuk ikut serta menjadi garda terdepan mensukseskan kegiatan ini. Ujar Ugi ismawan

Lanjut Ugi,  karena dengan adanya kegiatan ini, tentunya dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kesadaran masyarakat terhadap bencana dan kewaspadaan terhadap gempa bumi dan tsunami. Bahkan kita juga tidak tau bencana itu kapan akan terjadi, tetapi jika kita sudah dibekali pengalaman yang sangat berharga ini, semoga ini bisa bermanfaat untuk kami dan masyarakat Desa muara. Pungkasnya

 

.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *