BPN Jakarta Utara Serahkan Sebanysk 1628 Sertipikat Dan 19 Sertipikat Elektronik

  • Whatsapp

Jakarta, AMC.CO.ID – Bertempat di halaman Kantor BPN Jakarta Utara sebanyak 1628 sertipikat dan 19 sertipikat elektronik diserahkan kepada warga, Senin (4/12/2023).

Suhartini salah satu warga Kapuk Muara Panjaringan penerima sertipikat mengatakan ini perjuangan yang sangat melelahkan sekali, kami merasa terharu dan sangat senang sekali pada akhir Tahun 2023 sertipikat sudah di terima dan kami ucapkan terima kasih kepada pak Presiden, Mentri ATR BPN, Kepala BPN Jakarta Utara, bahwa kami sudah menerima sertipikat, ini perjuangan yang sangat luar biasa bagi kami,” ujar Suhartini.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Utara,Taufik Suroso Wibowo mengatakan,’ keberhasian dalam menuntaskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di akhir 2023 ini. lebih cepat dari target penyelesaian PTSL tingkat nasional yang ditargetkan selesai pada 2025.

Pelaksanaan PTSL di Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang dimulai sejak 2017 hingga 2021 telah menerbitkan 61.356 bidang tanah dan telah diserahkan sebanyak 57.993 bidang. Berdasarkan dashboard KKP terdapat sisa (Residu K1) yang belum diserahkan sebanyak 3.512 bidang,” ujarnya.

Selanjutnya dalam kegiatan PTSL Tahun Anggaran 2022 dan PTSL Tahun Anggaran 2023 Residu K1 tersebut telah diselesaikan.

Wujud komitmen BPN Jakarta Utara dalam melaksanakan PTSL 2023 Tuntas adalah dengan adanya target penyerahan sertipikat PTSL Tahun 2023 sejumlah 4.103 bidang untuk Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Rinciannya, sertipikat PTSL Tahun 2023 Tahap Pertama sebanyak 1.262 bidang (telah diserahkan kepada masyarakat pada bulan Mei 2023), Tahap Kedua sebanyak 1.628 bidang dan Tahap Ketiga sebanyak 1.213 bidang.

Pada Senin 4 Desember 2023 hari ini juga telah diserahkan Sertipikat PTSL Tahun Anggaran 2023 Tahap Kedua dari jumlah 1.628 bidang tanah yang telah selesai menjadi sertipikat.

Sebanyak 19 bidang Sertipikat Elektronik dari Wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu diserahkan di Istana Negara Jakarta oleh Presiden Republik Indonesia, sebanyak 50 Sertipikat dari Wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara diserahkan di Balaikota Provinsi DKI Jakarta oleh Bapak Pj. Gubernur Provinsi DKI Jakarta, dan sebanyak 1.477 bidang Sertipikat diserahkan di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara oleh Wali Kota Jakarta Utara yang diwakili Sekretaris Kota (Seko) Abdul Khalit dan FORKOPIMKO Kota Administrasi Jakarta Utara.

“Ini semua tercapai berkat support semua pihak, mulai Forkomimpo, warga, relawan dan para petugas di BPN,” kata Kepala BPN Jakarta Utara Taufik Suroso Wibowo.

Dikatakan pria yang juga Ketua Forki DKI Jakarta ini, pada akhir Desember 2023, PTSL Tahun Anggaran 2023 akan tuntas tanpa Residu K1. “Sertipikat sebanyak 1.213 bidang akan diserahkan di Loket Pelayanan PTSL Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara secara bertahap,” tegas Taufik Suroso.

Selain itu, di hari ini yang sama, juga dilaksanakan peluncuran dan penyerahan Sertipikat Elektronik oleh Presiden Republik Indonesia, sebanyak 21 bidang Sertipikat Aset Warga dan
7 bidang Sertipikat Aset PLN telah diterbitkan secara elektronik. Sebanyak 19 Sertipikat Elektronik Aset Warga dan 1 bidang Sertipikat Elektronik Aset PLN akan diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta.

Dengan diterbitkannya Sertipikat Elektronik di Wilayah Kerja Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara mempunyai arti bahwa Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara telah meletakan pondasi untuk melakukan pelayanan elektronik yang berstandar dunia dimana akan melahirkan kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi pemiliknya. Namun selanjutnya terdapat pekerjaan yang sangat besar yaitu melakukan Peningkatan data elektronik dan Validasi data elektronik.

Pencapaian penyelesaian PTSL dan penerbitan Sertipikat Elektronik merupakan kerjasama antara Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara dengan 4 Pilar yaitu Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kodim 0502/Jakarta Utara, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kapolres Kepulauan Seribu, Kejaksaan Negeri Jakarta Utara dan seluruh komponen masyarakat juga peserta kegiatan PTSL.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *