BPN Kabupaten Sukabumi Tuntaskan Program PTSL Tahun 2023

  • Whatsapp

Sukabumi, AMC.CO.ID – Ditemui di ruang kerjanya pada hari Rabu tanggal 20/12/2023 kemarin, Kepala Kantor Pertanahan atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyampaikan, bahwa BPN Kabupaten Sukabumi telah mendaptkan penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesiaa (ORI) dengan skor nilai 85,57 kategori hijau kualitas tinggi.

Piagam penghargaan itu di tandatatangani langsung oleh Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Mokhamad Najih SH.,M.HUM., P.HD tertanggal 14 Desember 2023 ,”ungkap Agus.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Barat, Dan Satriana menyampaikan, apresiasi diberikan kepada sejumlah badan pelayanan publik di Jawa Barat, diantaranya adalah BPN Kabupaten Sukabumi yang berhasil memenuhi standar pelayanan publik sesuai Undang-Undang No 25 Tahun 2009 terutama dalam bidang pencegahan maladministrasi.

Ia mengatakan, BPN Kabupaten Sukabumi mengalami peningkatan hasil kinerja penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dengan kategori zona hijau. “Kategori zona hijau yaitu punya kepatuhan yang tinggi,” cetusnya.

Ia mengatakan, standar pelayanan publik merupaka tolak ukur tingkat kepatuhan pemerintah terhadap undang-undang.

Penilaian itu adalah salah satu upaya pencegahan maladministrasi.
Diantaranya adalah dengan menilai kondisi penyelenggaraan pelayanan publik secara komprehensif. Hasil akhir dari penilaian tersebut adalah dengan Opini Pengawasan Penyelenggaraan Publik. Dan Satriana menjelaskan, Ombudsman menggunakan empat aspek dalam penilaian yang meliputi kompetensi penyelenggara dan pemenuhan sarana dan prasarana, pemenuhan standar pelayanan publik atau penilaian masyarakat, dan pengelola pengaduan dengan mengacu pada UU No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik di mana terdapat 14 butir standar pelayanan publik.

“Aduan-aduan selalu pasti akan ada, komplain, laporan,namun bagaimana mereka merespon dalam menangani aduan itu,” kata Dan Satriana.Semetara kepala BPN Kabupaten Sukabumi Agus Sutrisno mengucapkan terimakasih atas penghargaan tersebut. Karena kategori hijau merupakan nilai tinggi.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan publik service, baik secara kualitatif maupun kuantitatif sebaik mungkin, sesuai arahan dari bapak Kakanwil BPN Jawa Barat,” ungkap Agus.

Lebih jauh Agus mengungkapkan, selain berhasil meraih penghargan dengan predikat zona hijau dari Ombudsman, pihaknya tahun ini juga sudah berhasil menuntaskan target program Pendaftaran Tanah Sistemastis Lengkap (PTSL) tahum 2023 sebanyak 25.913 ribu bidang.”Ini kado istimewa tahun baru untuk BPN Kabuaten Sukabumi khususnya dan Jawa Barat umumnya,” kata Agus.

Ia menjelaskan, dari target PTSL sebanyak 25.913 bidang itu, pihaknya sudah berhasil mengumpulkan data yuridis (Puldadis) sebanyak 2.000 bidang, sama dengan jumlah target, pemberkasan 100 persen dan pengumuman 10 persen dati target.

”Saat ini yang sudah selesai sertipikatnya mencapai 92 persen, dan sisanya segera kami terbitkan sertipikatnya,karena puldadis dan pemberkasan sudah 100 persen, dan juga sudah dilakukan pengumuman, sehingga hanya tinggal pencetakan sertipikat,” tegasnya.

Agus tak lupa mengucapkan terima kasih kepada tim PTSL dan seluruh karyawan BPN Kabupaten Sukabumi yang sudah menunjukan didikasinya dalam bekerja, sehingga berhasil menuntaskan target PTSL 2023, dan meraih penghargaan dari Ombudsman.

“Ini tentu hasil kerja keras semua tim PTSL yang telah bekerja siang dan malam untuk menuntaskan target program PTSL 2023, dan seluruh karyawan yang sudah menunjukan didikasinya dalam bekerja sehingga berhasil meraih penghargaan dari Ombudsman,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *