Deteksi Dini Gangguan Kamtib Jelang Nataru, Lapas Cilegon Lakukan Pengecekan Gembok Dan Alat Pemadam Kebakaran

  • Whatsapp

Cilegon, AMC.co.id – Menyambut perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon intensifkan langkah deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan gembok sel dan alat pemadam kebakaran. Langkah ini diambil sebagai upaya preventif untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) di dalam fasilitas selama musim Natal dan Tahun Baru, Rabu (20/12/2023).

Dalam upaya meningkatkan keamanan selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, tiga Pejabat Struktural Lapas Cilegon, yaitu Kepala Kesatuan dan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP), Kepala Seksi Keamanan dan Tata Tertib (Kasi Kamtib), serta Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Kasi Binadik) turut serta secara cermat memeriksa kondisi gembok sel setiap tahanan. Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh gembok sel berfungsi dengan baik dan memenuhi standar keamanan yang ditetapkan. Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan terhadap alat pemadam kebakaran yang tersebar di berbagai titik di dalam Lapas.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Cilegon, Yosafat Rizanto, menyampaikan bahwa partisipasi aktif pejabat struktural dalam kegiatan deteksi dini ini menjadi suatu bentuk komitmen tinggi terhadap keamanan dan ketertiban di dalam fasilitas pemasyarakatan.

“Tindakan ini bukan hanya sebagai rutinitas menjelang Natal, tapi juga sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab pimpinan Lapas untuk menciptakan lingkungan yang aman dan terkendali,” ujarnya.Senada dengan Kalapas, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP), mengatakan pemeriksaan gembok dan alat pemadam kebakaran, adalah langkah nyata dalam memastikan keamanan dan ketertiban di Lapas Cilegon selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Perayaan Natal dan Tahun Baru seringkali diiringi dengan tingginya aktivitas, dan kami ingin memastikan bahwa tindakan pencegahan telah diambil dengan serius. Pemeriksaan gembok seluruh tahanan dan pengecekan alat pemadam kebakaran adalah langkah penting dalam memastikan bahwa setiap sel aman dan sesuai dengan standar keamanan yang berlaku,” tuturnya.

Selain itu, pihak Lapas juga mengingatkan seluruh petugas keamanan dan staf lapas untuk meningkatkan kewaspadaan selama masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Adanya pemeriksaan ini juga sebagai bentuk komitmen Lapas Cilegon untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga binaan dan petugas di dalam fasilitas pemasyarakatan.

Diharapkan, langkah-langkah deteksi dini ini dapat memberikan dampak positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas Cilegon selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, sehingga semua pihak dapat merayakan perayaan Natal dan Tahun Baru dengan damai dan tenteram.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *