Dinsos Kab. Tangerang Kirim Relawan KSB Ikuti Pelatihan Tanggap Bencana

  • Whatsapp

Kab.Tangerang, AMC.co.id – Dinas Sosial Provinsi Banten memberikan penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang dilaksanakan di BBPPKS (Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial) Kementerian Sosial RI di Lembang Bandung yang dijadwalkan berlangsung pada dari tanggal 20 s.d 23 Mei 2024.

Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah salah satu langkah yang ditempuh Kementerian Sosial dalam mengupayakan mitigasi bencana secara maksimal. Melalui KSB, Kemensos berupaya untuk melibatkan seluruh unsur masyarakat dalam menghadapi situasi darurat bencana.

8 Relawan KSB (kampung siaga bencana) Provinsi Banten perwakilan dari Kabupaten Tangerang ditugaskan mengikuti Program Dari Dinas Sosial Provinsi Banten.

Rama Satya, Relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) dari kecamatan kresek menjelaskan, pendidikan dan pelatihan tanggap bencana yang melibatkan masyarakat secara langsung merupakan bentuk keseriusan dan kesiapsiagaan pemerintah dalam menghadapi bencana yang sulit diprediksi.

“Masyarakat tidak sepenuhnya mengerti tanda tanda bahaya jika bencana itu datang, tapi dengan adanya pelatihan dan pendidikan Relawan KSB yang digagas Dinsos Provinsi Banten ini tentu menjadi bekal berarti bagi kami sebagai masyarakat,” papar Rama kepada media, Selasa (21/5/2024)

“Semoga dengan bekal pendidikan dan pelatihan yang diberikan pemerintah melalui dinsos provinsi Banten dan dinsos kabupaten Tangerang para relawan KSB bisa bekerja dengan baik jika sewaktu waktu terjadi bencana, kita tidak menginginkan bencana apapun terjadi. Tapi jika bencana itu datang,kita tidak perlu takut secara berlebihan apalagi sampai putus asa karena kita sudah dilatih untuk menghadapinya,” ujarnya.

“Atas nama masyarakat dan relawan KSB kami mengucapkan terima kasih kepada Dinsos Provinsi Banten dan Dinsos Kabupaten Tangerang yang telah membentuk dan melatih kami untuk selalu siap dan tanggap,” tutup Rama Satya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *