Kakanwil ATR/BPN Propinsi Banten Mengapresiasi Kinerja BPN Kabupaten Tangerang

  • Whatsapp

Tangerang. AMC.CO.ID – Komitmen untuk melayani masyarakat BPN Kabupaten Tangerang terus berjuang keras dan bekerja sama agar mendapat pencapaian hasil yang sangat memuaskan masyarakat dalam pelayanannya, bahkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) ATR/BPN Propinsi Banten Sudaryanto menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi kinerja Kantor Pertanahan atau BPN Kabupaten Tangerang yaang berhasil mendapatkan predikat menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi).

Menurut Sudaryanto, capaian yang didapat itu tidak mudah, karena BPN Kabupaten Tangerang memiliki perkerjaan rutin yang sangat tinggi, dan pekerjaannya luar biasa banyak dibandingkan dengan Kantor BPN lainnya di Propinsi Banten.“Tetapi Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang masih bisa mengikuti zona integritas menuju WBK tersebut. Ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Capaian ini memang perlu pengorbanan, perjuangan dan komitmen.

Bahwa komitmen itu dari mulai pimpinan yang paling tinggi hingga paling yang bawah harus sama mempunyai komitmen untuk melayani masyarakat,” terang Kakanwil BPN Banten Sudaryanyo di Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang, Senin (11/12/2023).

Selanjutnya ia mengatakan bahwa untuk tahun ini Kanwil ATR/BPN Propinsi Banten mengusulkan dua Kantor Pertanahan mendapatan predikat menuju BWK. Yaitu, Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang dengan Kota Cilegon, tetapi yang dapat hanya Kabupaten Tangerang dan untuk Kantor Pertanahan Kota Cilegon akan diusulkan kembali tahun depan.

Dia menjelaskan bahwa untuk mendapatkan predikat WBK itu ada berbagai tahapan dan syarat yang dilalului. “Tahapam-tahapan itu tentunya ada kaitan dengan kemudahan pelayanan dari mulai sarana dan prasarana, sistem, sumber daya manusia (SDM), etika dalam cara melayani.

Semuanya itu akan dinilai, bahkan pada saat penilaiannya nanti ada namanya penilaian yang tidak diketahui oleh pihak Kantor Pertanahan, survei silent yang tidak diketahui,” tutur Sudaryato.

Dia juga menambahkan bahwa ada reward and punnishmen dari Kanwil berupa piagam penghargaan kepada Kepala Kantor Pertanahan yang meraih predikat WBK, dan satu penghargaan lagi kepada kepala kantor Pertanahn Kabupaten Tangerang karena pihaknya menjadi salah satu inisiator yang mendirikan klinik pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di seluruh Indonesia.

Klinik PTSL ini menjadi pilot projec dan akan dikembangkan oleh kantor wilayah Provinsi Banten pada awal tahun depan. “Sampai saat ini progres program strategis nasional yakni PTSL sekitar 56 persen untuk di wilayah Banten, dikarenakan masih adanya pemberkasan, potensi K1, dan K2. Capaian tersebut dari target 100 persen di tahun 2023, program PTSL ini semuanya sudah on progress, tahun ini yang menjadi kota lengkap yaitu Kota Cilegon,” tegas Sudaryanto.

Pada kesempatan yang sama Sudaryanto mengatakan, program PTSL untuk wilayah Propinsi Banten yang paling pertama diselesaikan adalah oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang bersama jajarannya, maka pihak Kanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten menambahkan lagi relokasi dari kantah-kantah lain yang memang terasa berat untuk melaksanakan program PTSL.

Sehingga Kanwil BPN Propinsi Banten menambah relokasi program PTSL ke kantor pertanahan Kabupaten Tangerang sebanyak 3000 bidang tanah, dan sudah dituntaskan oleh kantah Kabupaten Tangerang.“ Ini suatu prestasi yang sangat luar biasa.

Tentunya tidak mudah untuk menyelesaikan program PTSL terebut kalau tidak ada tim yang solid dan kuat.

Pihak Kanwil BPN Propinsi Banten melihat di Kantah Kabupaten Tangerang ini sekarang ini sangat luar biasa solid dan ditambahkan lagi baru saja mendapatkan predikat WBK,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *