Karya Bakti TNI, Koramil 0602-11/Tirtayasa Bersama Warga Bersihkan Sampah Di Aliran Sungai

  • Whatsapp

Serang, AMC.co.id – Karya Bakti TNI melalui gotong royong dan kerja bakti, dengan membersihkan tumpukan sampah dan ranting serta semak belukar, dilakukan di Desa Sujung Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang Provinsi Banten, Minggu (03/11/2023).

Pembersihan aliran sungai ini sebagai upaya Koramil 0602-11/Tirtayasa Kodim 0602/Serang, guna pencegahan terjadinya banjir memasuki musim hujan.

Danramil 0602-11/Tirtayasa Kapten Kav Baskara yang turun langsung memimpin kegiatan ini mengatakan Karya Bakti pembersihan aliran sungai ini, untuk membersihkan sampah dan rumput liar yang mengganggu aliran sungai, ini dilakukan agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar dan terus terjaga kebersihannya.

“Sungai perlu dijaga dan dirawat kebersihannya, agar tidak terjadi banjir pada saat musim penghujan akibat adanya penumpukan sampah,” ujar Danramil.

Selain itu, lanjutnya, aliran sungai ini juga dibutuhkan warga dan petani untuk mengairi sawah, sehingga perlu adanya perawatan dan pembersihan secara rutin.

“Adanya kegiatan Karya Bakti ini sekaligus untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, akan kepeduliannya terhadap lingkungan,” jelas dia.

Danramil mengharapkan kegiatan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk terus menerus merawat dan menjaga kelestarian lingkungan.


Lanjut Danramil, selain Pembersihan sungai, kita juga mengadakan pembersihan sarana Umum tepatnya di Pasar Tirtayasa, dan penanaman 20 Pohon di bantaran sungai,” ungkap Danramil.

Kegiatan ini, sesuai petunjuk arahan Komandan Kodim 0602/Serang Letkol Inf Mulyo Junaidi, S.E., M.Tr (Han). Antisipasi banjir memasuki musim penghujan.

Camat Tirtayasa TB. Yayat menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen yang ikut kegiatan gotong royong ini.

Diungkapkan Yayat, memang aliran sungai ini harus rutin di bersihkan karna air sungai ini di pergunakan kebutuhan masyarakat sehari hari,” ungkapnya.

“Kami harapkan sungai selalu bersih, Adanya Karya Bakti TNI, Alhamdulillah bersih sungai dan terlihat rapi aliran air sungai lancar,” tukasnya.

Pelaksanaan Karya Bhakti tersebut, juga melibatkan dari personil Polsek Tirtayasa, Camat Tirtayasa dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten, dari Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau, Ciujung dan Cidurian (C3) bersama masyarakat setempat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *