Kodim 0602/Serang Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

  • Whatsapp

Kota Serang, AMC.co.id – Kodim 0602/Serang menggelar kegiatan upacara bendera, dalam rangka memperingati peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang diikuti seluruh prajurit dan PNS, bertempat di Lapangan Fatahillah Makodim 0602/Serang Kelurahan Tembong Kecamatan Cipocok Jaya, Koa Serang Provinsi Banten, Sabtu (01/06/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang, yang diwakili oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0602/Serang Letnan Kolonel Inf Eko Asmani, sedangkan Komandan Upacara (Danup) Komandan Koramil (Danramil) 0602-13/Padarincang Lettu Inf I Made Sudarma.

Dalam amanatnya Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang dibacakan oleh Perwira Penghubung Kodim 0602/Serang, disampaikan pada hari ini, tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa. Pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945, di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema, ” Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 “. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

” Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut, dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”, ” ungkapnya.

Lanjutnya, dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sehingga bisa membawa bangsa Indonesia, pada gerbang kemajuan dan kemakmuran, di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, kita semua yakin seluruh tantangan, yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih ditengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong, seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Karena itu mengajak seluruh komponen bangsa, untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila. Melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2024, kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan, sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

” Semoga peringatan hari lahir Pancasila ini, akan dapat memompa semangat kita semua, untuk terus mengamalkan Pancasila. Demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kanca dunia,” ucapnya diakhir amanatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *