Warga Pesisir Teluk Minta, Pemerintah Serius Tangani Sampah

  • Whatsapp

Pandeglang, AMC.co.id – Laut pasang dan sampah datang. Selalu terjadi di area pesisir pantai Desa Teluk, Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang-Banten.

Puluhan kubik sampah yang terbawa air pasang laut, membuat para warga dan Pihak Desa, kembali bergotong royong saat malam.

Banyaknya sampah tersebut, tak lain sampah dari bantaran sungai yang terbawa air ke laut.Menurut salah satu warga Desa teluk yang sedang beramai-ramai bersihkan sampah, berkeluh kesah,” iya pak kami bersama warga dan kepala Desa, sedang membersihkan sampah akibat beberapa waktu kebelakang di guyur hujan. Sehingga terjadi Air laut pasang atau Rob,” ujar Carudi selaku perwakilan masyarakat.

Carudi juga mengatakan, jika bukan hanya masyarakat pesisir saja yang membuang sampah,” inikan air sedang pasang. Jadi mau tidak mau, sampah yang ada di lautan terbawa arus ke pesisir pantai, makanya selalu saja di kirimi sampah,” tuturnya.Hal lain juga di ungkapkan Kepala Desa Teluk, Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang-Banten,” Kita sudah selalu sering bergotong royong guna menyikapi,banyaknya sampah kiriman saat air laut pasang,” jelasnya.

Sofyan hadi juga mengatakan, jika masalah kaitan sampah tersebut tanggung jawab bersama,” kita perlu duduk bersama tangani sampah ini, sebetulnya bukan hanya sebatas Pemerintah Desa dan warga yang terus menyikapi. Namun kami juga butuh kerjasama Pemerintah terkait, agar bersama sama mencari solusi,’ ucap Sofyan Hadi di saat membakari sampah 21/03/2023.

Masih ucap Sofyan Hadi, pihaknya sangat membutuhkan akses penghadang ombak,” sebetulnya, jika pembelah/pengahadang deburan ombak yang ada di perbaiki, mungkin sampah tidak langsung berserakan di jalan akses jalan warga. Sebab ada break water , sebagai penghadang ataudi buatkan pengedaman pesisir pantai dan juga penghadang sampah di mulut Sungai ke laut,” tuturnya.Selain Sofyan Hadi selaku Kepala Desa Teluk, Dede selaku staf Desa juga membenarkan hal tersebut,” ya pak sebetulnya, penanganan sampah ini harus di dasari dengan solusi kedepan, bukan hanya sebatas seremonial pembersihan saja, saat sampah kiriman datang,” jelas Dede.

Perlu adanya keseriusan bersama, baik dari pemerintah Daerah dan Pusat, dalam menangani sampah yang ada di Pesisir laut Desa Teluk. Agar sampah yang secara meluas tidak lagi membanjiri pesisir pantai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *